Bagi
kalian para pelajar, mahasiswa, maupun dari berbagai kalangan pasti pernah bahkan
hobi dalam bermain video game mulai dari game offline maupun game online, dalam bermain
video game maka kita membutuhkan grafik computer. Apa sih grafik computer itu? Dan apa hubungan nya dengan video game?
GRAFIK
KOMPUTER
Merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari tentang pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang saat ini berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola. Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
HUBUNGAN PENGOLAHAN CITRA, GRAFIK
KOMPUTER, DAN VIDEO GAME
Keterkaitan
Pengolahan citra dan grafik komputer pada game teknologi Suatu metode yang digunakan untuk mengolah gambar sehingga mengasilkan gambar yang sesuai
dengan keinginan kita dinamakan pengolahan citra. Pengambilan
gambar bisa dilakukan dengan menggunakan kamera atau alat lain yang bias
digunakan untuk mentransfer gambar misalnya scanner atau kamera digital.
Bahasan kali ini berfokus pada pengambilan gambar menggunakan web kamera.
Sehingga citra yang dihasilkan sudah berbentuk sinyal digital dan mudah
dikenali atau dibaca oleh komputer.
Citra
digital adalah citra kontinyu yang sudah didiskritkan baik koordinat spasial
maupun kecerahannya. Citra digital dianggap matrik dengan ukuran MxN dimana
baris dan kolom menunjukkan titik-titiknya.Citra berwarna menggunakan metode
RGB. Ketika kita melakukan proses pengolahan citra diperlukan suatu
pengenalan pola, bertujuan untuk mengenali objek-objek yang terdapat suatu
citra dapat mengambil informasi yang terdapat di citra tersebut. Pengolahan
citra dan pengenalan pola merupakan suatu keterkaitan, agar suatu citra dapat
dimengerti dan dikenali. Data-data yang diproses dalam pengolahan citra dapat
diambil menggunakan camera dan handycam dan tidak selalu dalam bentuk data
digital. Peningkatan citra sangatlah dibutuhkan, untuk meningkatkan kualitas
suatu citra itu sendiri. Dan pengolahan citra selanjutnya adalah segmentasi
citra, yaitu memisahkan atau memilih objek-objek dari keseluruhan citra.
Sedangkan
Grafika computer Merupakan bagian ilmu komputer yang memiliki keterkaitan yang
kuat untuk memanipulasi ataupun pembuatan visual secara digital yang juga dapat
diartikan sebagai seperangkat hardware dan software untuk membuat game
komputer, foto, film animasi, gambar, grafik atau citra realistic untuk seni. Grafika
computer mempunyai beberapa bagian, diantaranya : Geometri, Animasi, Rendering,
Citra. Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game
Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer
yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan
animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka
haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.
Game
saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal
dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan
internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang
bersamaan. Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang
dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai
pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game. Jadi
dalam pembuatan suatu game sangat berkaitan dengan grafik dan pengolahan citra
yang baik dan benar agar dapat game yang kita buat lebih sempurna dan
mendapatkan hasil yang maksimal oleh sebab itu kita harus memperhatikan
hubungannya satu dengan yang lain.
Dalam video game dapat di klasifikasikan sebagai berikut berdasarkan jenis platformnya :
1.
Arcade games : Sering disebut
ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah /
tempat khusus dan memiliki box atau
mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak
jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk”
dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil.
2.
PC Games : Video game yang
dimainkan menggunakan Personal Computers.
3.
Console games : Video
games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti
Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan
Nintendo Wii.
4.
Handheld games : Dimainkan
di console khusus video game yang dapat dibawa
kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony
PSP.
5.
Mobile games : Dapat dimainkan atau
khusus untuk mobile phone
Seperti pada grafik computer yang
ada pada saat ini maka video game juga terbagi menjadi dua menurut dimensinya,
yaitu :
2D
(two dimension)
Game
dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi (
X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun
Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita
harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu
3D (three dimension)
Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
Game bertipe ini menggunakan 2
macam tipe pemodelan:
3D Object / Model
ini
merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai
karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah
,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan
program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll
2D Graphic
gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d antara lain:
·
sebagai texture untuk object
·
sebagai latar belakang ( langit ,
pemandangan,dll)
·
sebagai meteran untuk nyawa ,
gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.
TEKNOLOGI
DALAM PEMBUTAN GAME MELIPUTI :
Game maker
Developer : Mark Overmars
Difficulty : Easy-Intermediate
Difficulty : Easy-Intermediate
Game
maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk
digunakan.Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang
anda inginkan seperti:
racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Program
ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan
feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak
bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan
program ini.Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang
sederhana.
Script
yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan
programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan
dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang
mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)
Game maker
RPG MAKER(R.M)
Developer : Enterbrain
Difficulty : Easy
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Developer : Enterbrain
Difficulty : Easy
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin .
Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.
Game Marker
AGS(
Adventure Game Studio)
AGS
adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”.
Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan
“point and click”.Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe
adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse
sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan
mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.
Contoh – contoh game bertipe point and click adalah:
Clock
Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi
bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah
dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.
A.G.S
Macromedia
Flash (Sekarang Adobe Flash)
Developer : Macromedia (Sekarang Adobe)
Difficulty : Easy
Mungkin
sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini. Program ini
sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain
itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program
ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
Macromedia Flash
3D
Game Studio Developer
Conitec
Difficulty : Intermediate
Program
yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun
program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk
tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang
belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game.
Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan
“Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft
Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game,
mungkin anda dapat mencoba program ini.
3D Game Studio
Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama,yaitu:
·
MED (Model Editor) – Program yang
berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio
· SED (Script Editor) – Sebagai
pengolah script dalam 3D Game Studio,script standar yang dipakai adalah
C-Script dan Lite C.
·
WED (Level Editor) – Sebagai
pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.
Itu adalah sedikit contoh untuk
program yang dapat digunakan untuk membuat game.
LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN GAME
Dalam
membuat game kita harus memahami konsep dari game yang akan kita buat.Tidak
mungkin kita membuat game tanpa ada konsep ibarat membabi buta.Konsep merupakan
bagian yang paling penting, sebab disinilah anda menentukan game apa yang anda
ingin buat , R.P.G. , Adventure , Action, atau apa?
Setelah pembuatan konsep kita akan mengikuti langkah-langkah selanjutnya , tergantung dari game yang akan dibuat , game 2D sederhana, game 2D besar, game 3d sederhana, atau game 3d besar.Anda dapat melihat bagan konsep dibawah ini.
Bagan konsep game 2D sederhana.
Bagan
konsep game 2D sedang/besar.
Bagan konsep game 3D sederhana.
Bagan
konsep game 3D sedang/besar.
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar